Dusun Bunten di Kedungadem Bojonegoro, Tak Banyak yang Tahu Keberadaannya

Dusun Bunten di Kedungadem Bojonegoro, Tak Banyak yang Tahu Keberadaannya

TerasJatim.com, Bojonegoro – Hingga saat ini tak banyak yang tahu keberadaan Dusun Bunten, yang masih masuk dalam wilayah Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Jatim. Hal itu dikarenakan keberadaannya yang jauh dari hiruk pikuk pembangunan dan kemajuan.

Bunten, adalah sebuah dusun yang konon dibangun atas dasar sebuah pergolakan masa kerajaan atau penjajahan. Banyak yang mengatakan Bunten adalah tempat persembunyian, sehingga wajar lokasinya berada di daerah yang sulit dijangkau oleh kalangan luar hingga saat ini, apalagi pada masa lalu.

Bisa dibayangkan, jarak antara Bunten dengan pusat pemerintahan Desa Tondomulo tak kurang dari 7 kilo meter. Itupun dengan medan berat melalui tanjakan berliku sempit dengan akses jalan yang belum sepenuhnya tersentuh pembangunan.

Menurut Kades Tondomulo, Yanto, hingga kini dari total panjang jalan menuju Bunten baru terbangun 500 meter paving, 200 meter rabat beton dan 1,5 kilo meter makadam. Sisanya, masih berupa tanah liat yang tentu saja pada saat musim penghujan tidak bisa dilalui kendaraan.

“Ya kabarnya yang masih berupa tanah itu akan dibangun Pemkab Bojonegoro pada tahun 2017 nanti,” ujarnya, Rabu (28/12).

Karena akses penghubung yang kurang memadai tentu saja berimbas langsung terhadap ekonomi warga dusun yang terbilang terpencil itu. Namun demikian, di dusun itu telah ada saluran listrik swadaya dan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama sebagai sarana pendidikan anak-anak setempat.

Sementara itu, sisi lain Bunten dengan segala keindahan medan dan eksotisme tradisinya mungkin patut untuk menjadi perhatian pemerintah. Lokasinya yang berada di ketinggian dan alami rasanya mampu menjadi daya tarik wisata yang perlu dikelola.

“Andaikan saja di sini dikelola sebagai tempat wisata outbond barangkali cocok juga. Ini kan nggak beda jauh dengan daerah Malang. Apalagi pada dasarnya lokasinya tidak jauh dari pusat kecamatan, mudah dijangkau tidak seperti daerah Sekar,” kata Aan, salah satu anggota klub trail yang sempat berpapasan dengan TerasJatim.

Begitulah sekelumit tentang Bunten, sebuah dusun yang berada di depan hidung namun seringkali terabaikan dan terlupakan. Mungkin memang benar cerita yang beredar bahwa Bunten memang sengaja untuk tempat persembunyian karena jangankan orang luar, bahkan sebagian warga Kedungadem sendiri banyak yang belum mengetahui keberadaannya. (Saiq/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim