Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dituduh Punya Ilmu Santet, Pria di Banyuwangi Lakukan Sumpah Pocong

Dituduh Punya Ilmu Santet, Pria di Banyuwangi Lakukan Sumpah Pocong

TerasJatim.com, Banyuwangi  – Warga Dusun Maelang Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Jatim, beberapa waktu terakhir dihebohkan dengan isu ilmu sihir (santet) yang dituduhkan dimiliki oleh Mattawi (55), warga setempat.

Akibat tuduhan tersebut, beberapa kali rumah Mattawi pada tengah malam, menjadi korban perusakan oleh orang-orang tidak dikenal.

Lantaran hal itu, akhirnya Mattawi melakukan sumpah pocong yang di gelar di Masjid Roudhatul Jannah dusun setempat, Rabu (15/08) siang.

Proses ritual sumpah pocong ini sengaja diminta Mattawi sendiri. Sumpah pocong yang dilakukan  mulai pukul 09.00 sampai dengan 10.45.WIB itu, selain dihadiri oleh jajaran Forpimka Wongsorejo, sejumlah warga dan tokoh agama tampak datang menjadi saksi.

Prosesi sumpah pocong ini diawali dengan pemakaian kain kafan pada Mattawi. Selanjutnya dia memulai ritual sumpah pocong.

Kapolsek Wongsorejo Iptu Kusmin menerangkan, pengambilan sumpah pocong berlatar belakang atas terjadinya beberapa kali rumah Mattawi yang mengalami perusakan karena tuduhan sebagai tukang sihir.

“Rumah Mattawi sering menjadi amukan orang yang tidak di kenal. Untuk ketenangannya, Mattawi akhirnya meminta MUI Banyuwangi melakukan sumpah pocong guna meyakinkan warga bahwa dia tidak memiliki ilmu santet,” jelasnya, Rabu (15/08).

Dalam pengakuannya, Mattawi bersumpah tidak mempunyai ilmu sihir seperti yang dituduhkan selama ini.

Guna mengantisipasi adanya pihak yang ingin main hakim sendiri, serta menghilangkan rasa tidak tenangnya, ia akhirnya menantang tuduhan itu dengan melakukan sumpah pocong.

Hal itu menurut Mattawi, dilakukan guna meyakinkan tetangganya bahwa dirinya tidak memiliki ilmu santet seperti yang dituduhkan selama ini. (Ns/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim