Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Diskon 10 Persen Bagi Pengguna Jalan Tol dari Merak Hingga Pasuruan Saat Mudik Lebaran

Diskon 10 Persen Bagi Pengguna Jalan Tol dari Merak Hingga Pasuruan Saat Mudik Lebaran

TerasJatim.com, Surabaya – Pemerintah optimistis arus mudik lebaran tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Sejumlah jalan nasional yang menjadi jalur mudik, kondisinya cukup baik dengan tingkat kemantapan sekitar 90 persen.

Selain itu, untuk jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pemudik tahun ini bisa menggunakan mulai dari Merak (Banten) hingga Pasuruan (Jatim) sepanjang 995 km, meski dari panjang tersebut, 237 km diantaranya masih berstatus fungsional.

“Dengan semakin panjangnya tol yang bisa digunakan, pemudik diminta tidak euforia melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol yang lurus,” jelas Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto, saat jumpa pers kesiapan jalur mudik 2018 di Jakarta, Jumat (18/05).

Arie mengingatkan, agar pemudik tetap berhati-hati dan memeriksa kondisi kendaraan dengan baik, jangan sampai mogok, terutama di tol fungsional.

Tol fungsional, lanjut Arie, akan difungsikan satu arah dengan dua lajur, dan dapat dilewati siang dan malam. Namun untuk pengaturan selanjutnya di lapangan sepenuhnya kewenangan pihak Korlantas Mabes Polri.

Terpisah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengemukakan, pada masa mudik Lebaran 2018 ini, pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan diskon tol sebesar rata-rata 10% di seluruh ruas tol.

“BUJT secara sukarela (voluntary) memberikan diskon tol. Besaran setiap ruasnya berbeda dengan rata-rata 10%,” katanya.

Mengenai kapan mulai berlakunya diskon tarif tol itu, menurut Basuki, belum disepakati. Sebagian ingin bersamaan dengan libur Lebaran tanggal 11 Juni 2018 sampai 19 Juni 2018, namun ada juga yang berkeinginan diskon tol diberikan pada puncak mudik H-2 dan H+2 Lebaran.

“Apabila BUJT sudah sepakat, maka saya akan buatkan surat keputusannya,” sambung menteri yang dikenal sederhana ini.

Mengenai kekhawatiran semakin macetnya jalan tol karena adanya diskon tol, Basuki mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam manajemen lalu lintasnya.

Ia menegaskan, tujuan pemberian diskon tol adalah untuk memecah puncak arus mudik dan bentuk empati dari BUJT terhadap para pemudik dalam merayakan Lebaran. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim