Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dinsos Kabupaten Banyuwangi Diduga Salurkan Bantuan Susu Kadaluarsa Pada Korban Banjir

Dinsos Kabupaten Banyuwangi Diduga Salurkan Bantuan Susu Kadaluarsa Pada Korban Banjir

TerasJatim.com, Banyuwangi – Kabar tak sedap datang dari sejumlah warga yang menjadi korban bencana banjir lumpur yang melanda Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi, pada Selasa (15/05) lalu.

Pasalnya,mereka menerima paket bantuan berupa susu kaleng yang diduga kadaluarsa dan telah habis masa penggunaannya (expired).

Bantuan tersebut diketahui didistribusikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi.

Menurut salah satu warga yang enggan disebut namanya, ia baru mengetahui jika susu bantuan tersebut telah kadaluarsa setelah dua hari pasca bencana.

“Saya baru tahu setelah dua hari dari bencana itu mas. Ketika kita mau buat susu. Sebelum saya buka, ternyata susu itu sudah kadaluarsa,” ungkapnya kepada TerasJatim.com, Jumat (18/05) .

 

Sementara saat dikonfirmasi, Kasi Penanganan Bencana Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi, Ripai, mnjelaskan, ia tak menampik kabar tersebut. Namun, pihaknya mengaku sudah melakukan upaya penggantian.

”Ada 30 susu kaleng waktu itu yang sudah dibagikan pada warga sesaat setelah bencana. Saat itu dan kita tidak tahu kalau susunya kadaluarsa karena kita tidak cek. Susu itu adalah stok triwulan ke-empat di tahun kemarin. Tapi sekarang sudah kita ganti dengan susu kaleng yang baru,” jelasnya, Jumat (18/05).

Ia menambahkan, jika terjadi sesuatu pada warga yang sudah terlanjur mengkonsumsi susu kadaluarsa itu, maka pihaknya akan tetap bertanggung jawab.

“Jika ada warga yang kenapa-kenapa akibat konsumsi susu yang sudah kadaluarsa itu, kita tetap bertanggung jawab dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan nantinya,” pungkas Ripai. ((NS/Jay/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim