Diduga Lelaku Mistis, Jasad Yang Baru Dikubur Dibongkar Orang Tak Dikenal

Diduga Lelaku Mistis, Jasad Yang Baru Dikubur Dibongkar Orang Tak Dikenal

TerasJatim.com, Bojonegoro – Makam almarhumah Siti Aminah (77), warga Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro Jatim, yang meninggal pada Jumat  (06/10) kemarin, diketahui berlobang menganga pada Sabtu (07/10) pagi, lantaran telah dibongkar orang tak dikenal.

Kontan saja, hal itu membuat warga desa setempat ketakutan dan mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Pasalnya, saat ini adalah bulan Suro yang menurut tradisi jawa, kental dengan urusan lelaku ilmu kanuragan dan semacamnya.

“Bisa jadi si pelaku itu melakukan ritual untuk ilmu hitam dengan cara mencuri kain kafan atau tali pocong mayat. Ini kan bulan Suro,” ujar warga setempat, Sabtu (07/10).

Namun demikian, beberapa warga mengatakan pelaku pembongkaran kuburan itu diduga salah perhitungan hari. Sebab, menurut kepercayaan, hanya orang yang meninggal pada Jumat Legi yang kain kafan atau tali pocongnya bisa dipakai untuk hal-hal kadigdayan.

“Tapi mungkin pelaku salah hitung hari dan pasaran, karena yang dikuburkan itu meninggalnya hari Jumat Wage bukan Jumat Legi. Makanya setelah diperiksa tidak ada satupun yang berkurang dari jasad almarhumah,” terangnya.

Dikatakan, lelaku pembongkaran kuburan saat malam hari seperti itu biasanya untuk mendapatkan kekuatan ghaib. Tetapi yang umum terdengar di masyarakat, biasanya pelaku adalah penganut aluran ilmu hitam.

Kapolsek Trucuk AKP Singgih Sujianto membenarkan adanya peristiwa ini. Ia menyebut, pihaknya telah menerima laporan dari Sekdes Mori, Imron Rosidi, tentang adanya peristiwa pembongkaran makam almarhum Mbah Siti Aminah tersebut.

“Yang mengetahui pertama kali adalah Sarjiman sekira pukul 07.00 pagi yang selanjutnya melaporkan kepada sekdes setempat dan diteruskan melapor ke Polsek Trucuk,” terang Kapolsek.

Selanjutnya, Kapolsek bersama Sekdes Mori, Imron Rosidi, saksi Sarjiman (65),  dan Sadir (50) ahli waris almarhumah, melakakukan pengecekan dengan cara melihat ke dalam makam yang berlobang karena dibongkar.

Dari pengecekan ke dalam liang kubur oleh Sadir, diketahui tidak satupun barang yang melekat termasuk kain kafan dan tali pocong di jasad almarhumah yang hilang. “Tidak ada barang yang hilang dan selanjutnya lobang tersebut ditutup kembali seperti semula,” jelas Kapolsek.

Hingga saat ini, petugas kepolisian masih berupaya melakukan penyelidikan terkait siapa pelaku dan apa motif di balik pembongkaran makam yang sempat membuat warga ketakuan tersebut. (Saiq/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim