Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Diduga Depresi, Napi di Lapas Kediri Tewas Gantung Diri

Diduga Depresi, Napi di Lapas Kediri Tewas Gantung Diri

TerasJatim.com Kediri – Penghuni Lapas kelas IIA Kediri Jatim tiba-tiba heboh usai ditemukannya Nova Surya Putra bin Bambang Suparno, yang sudah tak bernyawa dalam keadaan gantung diri di selnya, Sabtu (31/03) pagi.

Pria yang beralamat di Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ini, berstatus sebagai narapidana, terkait kasus PPA dan telah divonis hukuman selama 5 tahun penjara.

Informasi yang dihimpun, jasad korban ditemukan berada di kamar khusus atau sel isolasi nomor11.

Menurut kesaksian rekan-rekannya sesama napi, korban selama hampir sepekan terakhir terlihat gelisah dan seperti orang ketakutan, terutama saat malam hari tiba.

Menurut salah seorang petugas lapas, kondisi korban ditemukan oleh dua tamping lapas berinisial I dan A, yang saat itu datang mengantarkan makanan ke dalam sel korban. Kedua tamping ini curiga karena saat pintu kamar sel diketuk tidak ada respon dari penghuni.

Saat kedua tamping membuka pintu sel,  didapati korban dalam kondisi sudah dalam posisi gantung diri. “Korban gantung diri dengan seutas kain diduga sobekan sarung yang diikat pada teralis jendela sel,” ujarnya.

Mengetahui hal tersebut, kedua tamping itu langsung melaporkan ke petugas jaga dan diteruskan kepada Polres Kediri kota.

“Sebelumnya, salah seorang saksi MF, (penghuni sel di sebelah korban) pada sempat mendengar suara seperti benturan pada tembok, setelah itu sudah tidak mendengar apa-apa lagi,” imbuh petugas yang enggan namanya ditulis.

Diketahui, korban berada di ruang sel khusus atau isolasi sudah sekitar 1 bulan atas dasar permintaan sendiri. Sebelumnya korban berada di blok B-3. Hampir sepekan, korban terlihat depresi dan sering merasa ketakutan.

Selama ini di kamar tersebut selalu diisi lebih dari satu napi, namun dalam 3 hari terakhir korban berada di dalam sel sendirian ,karena teman korban sudah dipindah ke kamar lainnya. Sebelumnya korban sempat mengeluh ingin pindah kamar, karena tinggal sendirian dalam sel tersebut.

Mendapat laporan adanya seorang napi yang tewas gantung diri, tim Inafis Polres Kediri Kota yang datang di lapas langsung melakukan olah TKP dan identifikasi jasad korban.

Hasil pemeriksaan luar, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Korban meninggal murni bunuh diri.

Hingga berita ini dikirim, jenasah korban sudah dibawa ke RS Bhayangkara untuk proses selanjutnya. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim