Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dianggap Tak Penting, Ribuan Warga di Situbondo Belum Rekam e-KTP

Dianggap Tak Penting, Ribuan Warga di Situbondo Belum Rekam e-KTP

TerasJatim.com, Situbondo – Tercatat sebanyak 12.000 warga Situbondo Jatim, hingga saat ini belum melakukan perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Situbondo.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dispendukcapil, Muhammad Sifa, kepada TerasJatim.com Sabtu, (13/07).

Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat dirasa  masih rendah sehingga untuk masih banyaknya warga menganggap E-KTP tidak begitu penting dan tidak sekan bukan aspek dari  membutuhkan sebuah identitas Padahal, e-KTP saat ini sangat dibutuhkan.

“Mau sekolah atau apa saja, harus pakai e-KTP dan selalu dibutuhkan. Hal ini tidak ditopang dengan kesadaran yang tinggi maka masyarakat menganggap e-KTP bukan sesuatu hal yang penting,” kata Sifa.

Sifa menambahkan, untuk memaksimalkan perekaman e-KTP, pihaknya akan mengambil beberapa langkah terobosan, diantaranya dengan memaksimalkan pelayanan dengan menggencarkan sosialisasi dan pelayanan keliling (pelayanan administrasi cetak di tempat).

Selain itu, pihaknya juga akan memaksimalkan peran serta kecamatan untuk melakukan perekaman ke desa-desa yang selama ini masih kecil dalam penerapan pelayanan keliling.

“Dispendukcapil akan melibatkan berbagai lini untuk menyadarkan masyarakat agar masyarakat segera mengurus e-KTP secara dini,” imbuhnya.

Berdasarkan data, tercatat sebanyak 12 warga Situbondo yang belum ber KTP elektronik. Angka  ini dianggap masih cukup tinggi.

Lebih jauh Sifa mengatakan, untuk memberikan pelayanan terbaik, Ada  beberapa cara yang dilakukan Dispendukcapil. Salah satunya, memaksimalkan pelayanan sehari. Dalam pelayanan bentuk ini, perekaman e-KTP bisa selesai hanya dalam satu hari.

Ia yakin ke depan akan lebih tinggi jumlah masyarakat Situbondo yang memiliki e-KTP.  Dia memperkirakan, pada tahun ini saja sudah mencapai 90 persen lebih. “Akhir tahun ini, kami target sudah 98 persen,” katanya yakin.

Ia berharap semua elemen masyarakat Situbondo terlibat dan ikut berpartisipasi memberikan pemahaman serta menyadarkan masayarakat agar mengurus KTP secara dini di kantor Dispendukcapil. (Edo/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim