Di Pantai Kalbut Situbondo, Hilal Tidak Tampak

Di Pantai Kalbut Situbondo, Hilal Tidak Tampak

TerasJatim.com, Situbondo – Hasil pengamatan Rukyatul Hilal yang dilakukan petugas Badan Hisab Rukyat di wilayah Situbondo Jatim, tidak melihat munculnya hilal hingga waktu yang telah ditentukan. Hal ini karena posisi bulan sudah berada di bawah garis yang memisahkan antara bumi dan langit (di bawah ufuk).

Hal itu disampaikan Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kabupaten Situbondo, Irfan Hilmi saat melakukan pengamatan bulan (hilal) yang dilakukan di lokasi Pelabuhan Kalbut, Desa Semiring Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo, Selasa (15/04) petang.

“Hasil pengamatan yang kami lakukan, bulan tidak terlihat karena ¬†posisi matahari di bawah 2 derajat,” katanya.

Pengamatan bulan untuk menetukan awal bulan puasa Ramadhan 2018 di Pelabuhan Kalbut ini, tidak hanya dilakukan oleh petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Situbondo saja. Namun juga terdapat petugas dari tim Badan Hisab Rukyat Kabupaten Jember, Probolinggo, Bondowoso serta Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Irfan, pada pukul 17.09 WIB bulan terlebih dulu terbenam, sedangkan matahari terbenam pada pukul 17.13 WIB. Sehingga bulan tidak dapat terlihat karena sudah berada di bawah ufuk.

“Apapun hasilnya nanti kami laporkan ke pusat dan itu Kementerian Agama yang menentukannya,” tukasnya. (Edo/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim