Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Di Malang, Warga Bisa Daftar BPJS Kesehatan Hanya Lewat Telepon

Di Malang, Warga Bisa Daftar BPJS Kesehatan Hanya Lewat Telepon

TerasJatim.com, Malang – Adanya keluhan dari sejumlah warga Malang yang harus mengantre panjang jika ingin mendaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, disikapi dengan langkah strategis dari kantor BPJS setempat.

Kini warga Malang bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehat dengan mudah melalui Virtual Service atau melalui telepon.

Kepala BPJS Kesehatan Malang, Hendry Wahjuni mengatakan, penambahan fasilitas pendaftaran tersebut dilakukan sebagai strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mrndaftarkan diri.

“Kini calon peserta tidak perlu antre panjang di Kantor BPJS, calon peserta kategori mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan 1500 400,” kata Hendry, beberapa waktu lalu.

Namun sebelum melakukan pendaftaran virtual service, calon peserta harus menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Diantaranya nomor kartu keluarga, nomor KTP masing-masing anggota keluarga, alamat email, nomor rekening serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

“Selain itu, calon peserta juga sudah harus menentukan jenis kelas perawatan, serta fasilitas kesehatan yang akan dipilih,” tuturnya.

Nantinya, rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan agen akan menjadi bukti pendaftaran. Setelah itu, nomor virtual account akan dikirim ke ponsel dan email calon peserta.

Usai mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari.

“Sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan saat mendaftar,” paparnya.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS. Saat ini, jumlah peserta BPJS Kesehatan di Malang sebanyak 1,8 juta peserta, targetnya 2,1 juta peserta di akhir tahun 2017.

“Selain penambahan pelayanan melalui virtual service, kami juga melayani pendaftaran di mall,” tandas Hendry. (Kta/Red/TJ/KBRN)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim