Di Jawa Timur Masih Terdapat 741 Orang Yang Dipasung

Di Jawa Timur Masih Terdapat 741 Orang Yang Dipasung

TerasJatim.com, Jember – Jumlah pasien pasung di Provinsi Jawa Timur pada Desember 2016, ternyata masih cukup tinggi. Sesuai catatan Kementrian Sosial (Kemensos), jumlahnya mencapai 741 pasien, yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Menurut Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, saat ini Provinsi Jawa Timur tengah menyiapkan sistem terbaik untuk memantau pasien pasung dengan meluncurkan elektronik pasung atau e-pasung yang bisa diakses semua orang.

“Jawa Timur ini memiliki E-pasung, Dari E-pasung ini bisa diidentifikasi siapa mereka, umurnya berapa, kasusnya seperti, apa sudah dilakukan proses rehabilitasi,” ungkap Khofifah, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Jember,  Sabtu kemarin.

Khofifah menegaskan, pihaknya akan terus konsen untuk menekan jumlah pasien pasung di seluruh Indonesia. Sebab pihaknya sudah melakukan deklarasi bersama ‘Indonesia Bebas Pasung pada Desember 2019’.

Sementara Kepala Dinas Sosial Jatim Sukesi mengatakan, jumlah kasus pemasungan di Jawa Timur pada 2016 sebanyak 1.200 orang dan yang sudah dibebaskan dari pemasungan sebanyak 459 orang.

Hingga kini masih terdapat 741 penderita gangguan kejiwaan yang dipasung yang tersebar di 38 kabupaten/kota. “Terbanyak berada di Kabupaten Lamongan,” katanya. (Luk/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim