Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dewan Didesak Perhatikan Hak Anak

Dewan Didesak Perhatikan Hak Anak
Pelepasan balon yang berisi cita-cita anak-anak, dalam Hari Anak Universal di halaman gedung DPRD Banyuwangi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Para wakil rakyat yang duduk di DPRD Banyuwangi, didesak agar memperhatikan hak anak, yakni hak untuk bermain, hak  mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan perlindungan, hak mendapatkan nama (identitas), hak mendapatkan status kebangsaan, hak mendapatkan makanan, hak mendapatkan akses kesehatan, hak mendapatkan rekreasi, hak mendapatkan kesamaan dan hak untuk memiliki peran dalam pembangunan.

10 hak anak tersebut, dibacakan oleh anak- anak dari sekolah PAUD Inklunsif Cerdas Banyuwangi, dihadapan sejumlah anggota dewan secara bergantian.

Anak-anak tersebut, sengaja datang ke gedung dewan untuk melakukan aksi damai di kantor DPRD Banyuwangi dalam rangka Hari Anak Universal, tanggal 20 November.

Dalam melakukan aksi damai di gedung dewan tersebut, para generasi penerus bangsa ini mengawali dengan tarian gandrung, yang merupakan seni tari asli Banyuwangi. Mereka menampilkan atraksinya dengan menggunakan pakaian gandrung secara lengkap, layaknya penari gandrung dewasa yang sudah profesional.

Fatmawati, Kepala Sekolah PAUD Inklusif Cerdas mengatakan, aksi damai ini untuk memperingati Hari Anak Universal yang sudah ditetapkan oleh PBB sejak tahun 1989 lalu.

“Aksi ini juga untuk mengingatkan para wakil rakyat, agar kebijakan yang diambil senantiasa memihak terhadap hak anak”. Ungkap Fatmawati.

Setelah puas menyampaikan aspirasi di hadapan sejumlah anggota dewan, puluhan siswa yang menggunakan bermacam pakaian adat dan profesi tersebut, menutup aksinya dengan melepaskan puluhan balon yang berisikan cita-cita mereka.

Siti Mafrochatin Nikmah, salah satu anggota dewan, mengaku siap untuk memperjuangkan hak anak. “Para siswa ini kan merupakan generasi penerus bangsa, maka hak mereka harus mendapat perhatian.” Tegasnya. (Irh/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim