Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Debat Pilgub Jatim Sesi Dua, Kembali Digelar Malam Ini

Debat Pilgub Jatim Sesi Dua, Kembali Digelar Malam Ini

TerasJatim.com, Surabaya – Setelah sukses menggelar debat Pilkada Jatim sesi pertama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim kembali akan menggelar debat publik kedua Pilgub Jatim 2018, di Dyandra Convention Center Surabaya, Selasa (08/05) malam ini, mulai pukul 19.30 WIB.

Tema yang akan diangkat dalam debat kali ini adalah tentang Ekonomi dan Pembangunan.

Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Provinsi Jatim Choirul Anam mengatakan, pihaknya telah siap menggelar acara debat yang akan disiarkan secara langsung (live) oleh sejumlah televisi nasional ini.

“Tempat, materi tim keamanan semuanya sudah siap. Hari ini (kemarin) kita melakukan finalisasi,” katanya, pada saat media gathering Senin (07/05) kemarin.

Ia menambahkan, subtema pada debat kedua tersebut, meliputi kebijakan bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan; kebijakan bidamg usaha mikro, menengah, dan koperasi; kebijakan bidang penanaman modal dan investasi; serta kebijakan bidang infrastrukyur dan prasarana wilayah.

Kemudian, ada juga kebijakan bidang pembangunan daerah kepulauan dan terpencil; kebijakan bidang pengembangan BUMD; kebijakan bidang energi, sumber daya mineral, dan lingkungan; kebijakan bidang kemaritiman; serta kebijakan bidang tata ruang dan wilayah atau zonasi.

“Debat publik kedua ini masih sama dengan debat sebelumnya, yakni dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama diisi dengan pembukaan, di mana nantinya kedua pasangan calon akan menyampaikan program kerja yang berkaitan dengan tema debat,” imbuhnya.

Kemudian pada segmen kedua, lanjut Anam, akan diisi dengan pendalaman program kerja dari kedua pasangan calon. Segmen ketiga, diisi dengan pertanyaan studi kasus oleh panelis kepada kedua pasangan calon.

Pada segmen keempat dilakukan debat terbukan antara dua calon gubernur Jatim, kemudian pada segmen kelima, masih diisi oleh debat terbuka. Hanya saja debat terbuka kali ini dilakukan oleh dua calon wakil gunernur Jatim. Adapun segmen terakhir, closing statement dari kedua pasangan calon.

Anam menjelaskan, untuk bahan materi debat nanti sudah digodok oleh empat panelis. Mereka adalah Muhammad Hasan (Rektor dari Universitas Jember), Nuhfil Hanani (Guru Besar Universitas Brawijaya), Arif Hoetoro (Universitas Brawijaya Malang) dan Nurul Barizah (Wakil Dekan Fakultas Hukum Airlangga).

“Debat publik kedua tersebut juga nantinya dimoderasi oleh Aiman Witjaksono dari Kompas TV dan Aviani Malik dari Metro TV,” ujar Anam.

Pada debat publik kedua ini, kedua pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 156 pendukung termasuk di dalamnya 20 orang tamu VVIP dan 6 tim ahli.

Anam menegaskan, pada debat kedua ini, pendukung dari kedua pasangan calon dilarang membawa alat peraga kampanye ke dalam ruangan, kecuali yang menempel di badan.

Sebagai antisipasi, KPU Jatim sudah menyiapkan 200 ratus bendera bergambar masing-masing paslon yang nantinya akan dibagikan kepada para pendukung dari kedua paslon. (Ah/Kta/Red/TJ)

Baca juga: http://www.terasjatim.com/jelang-debat-pilgub-khofifah-dan-gus-ipul-mengaku-tak-ada-persiapan-khusus/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim