Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dari 39, Hanya 14 Nama Calon Anggota KPU Jatim Yang Lolos Ikut Fit And Proper Tes

Dari 39, Hanya 14 Nama Calon Anggota KPU Jatim Yang Lolos Ikut Fit And Proper Tes

TerasJatim.com, Surabaya – Pasca tes wawancara terhadap 39 Calon Anggota KPU Jatim periode 2019-2024, Tim Seleksi (Timsel) KPU Jatim akan mengirimkan 14 nama ke KPU RI untuk dilakukan seleksi langsung di Jakarta.

Ketua Timsel KPU Jatim, Suko Widodo mengatakan, dari 39 peserta yang lolos mengikuti tes wawancara hari ini akan dikerucutkan menjadi 14 peserta dan sepanjutnya mengikuti fit and proper tes oleh KPU RI di Jakarta.

“Ini tes terakhir yang diselenggarakan timsel. Selanjutnya hasil tes wawancara ini akan kami serahkan ke KPU RI,” jelasnya, Rabu (05/12).

Ia mengakui, peluang semua peserta untuk lolos 14 besar sangat terbuka. Mengingat, sebagian besar peserta tes wawancara memiliki pengalaman sebagai penyelenggara pemilu, sehingga tak terlalu sulit ketika menjawab pertanyaan seputar kepemiluan, wawasan kebangsaan dan ketatanegaraan.

Baca juga: http://www.terasjatim.com/seleksi-anggota-kpu-jatim-pendaftar-capai-200-orang/

Calon anggota KPU Jatim yang terpilih nanti, kata Suko akan langsung menangani dan melanjutkan tahapan pemilihan umum 2019 yakni Pileg dan Pilpres yang dilaksanakan bersamaan pada 17 April 2019. “KPU Jatim akan berakhir pada Ferbuari 2019 sehingga hasil seleksi calon anggota KPU Jatim ini akan dilantik pada Februari 2019,” ujar Suko.

Suko Widodo yang pakar komunikasi politik dari Unair Surabaya itu menjelaskan mekanisme tes wawancara dilakukan oleh lima orang anggota Timsel, sehingga masing-masing penguji akan mngajukan satu pertanyaan.

“Satu pertanyaan biasanya diperdalam oleh penguji lainnya dengan pertanyaan tambahan supaya lebih komperehensif,”paparnya.

Sebelumnya, sebanyak 39 calon anggota KPU Jatim telah mengikuti serangkaian tahapan tes, mulai pemeriksaan administrasi, tes tulis, tes psikologi dan tes kesehatan. Dari sebanyak 39 orang yang dinyatakan lulus CAT tersebut, diantaranya terdapat 7 orang yang saat ini masih menjabat komisioner KPU Jatim. Beberapa yang lain kebanyakan komisioner dari KPU Kabupaten/Kota. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim