Dapur Umum Untuk Warga Korban Angin ‘Lesus’

Dapur Umum Untuk Warga Korban Angin ‘Lesus’
Salah satu rumah warga yang rusak parah akibat angin puting beliung di wilayah Kabupaten Blitar

TerasJatim.com, Blitar – Pasca musibah angin puting beliung yang memporak-porandakan belasan rumah warga di Kabupaten Blitar, Minggu sore kemarin, Pemerintah Kabupaten Blitar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan upaya pendataan ulang korban dan juga mendirikan posko dapur umum, untuk membantu warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Dapur umum yang dipusatkan di Balai Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar ini, para petugas terlihat sibuk memasak. Mereka harus memasak untuk para korban musibah puting beliung, karena hampir sebagian rumah warga rusak, sehingga tidak dapat digunakan untuk aktifitas keseharian.

Selain itu, dapur umum ini juga dipergunakan untuk mensuplai logistik bagi para korban, dan juga relawan yang membersihkan reruntuhan rumah-rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung.

Wakil Bupati Blitar, Rijanto yang mengunjungi para korban angin puting beliung mengatakan, angin puting beliung yang terjadi kemarin sore, menerjang puluhan rumah di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Gandusari, Kecamatan Kanigoro serta Kecamatan srengat.

“Data yang kita terima ada 28 rumah di desa Sawentar, di Desa Soso ada 1 rumah yang terserang angin puting beliung.” terang Rijanto, wakil Bupati Blitar kepada TerasJatim.com.

Hingga kini, anggota TNI, aparat Kepolisian, BPBD serta warga bahu membahu membersihkan puing-puing rumah warga di Desa Sawentar yang tertimpa pohon, akibat diterjang puting beliung.

Pihak Pemerintah Kabupaten Blitar, juga menjanjikan akan memberikan bantuan berupa material, untuk perbaikan rumah-rumah warga yang rusak yang menjadi korban ngamuknya puting beliung.(Aji/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim