Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cuaca Terik, Pawai Budaya Sugihwaras Bojonegoro Tetap Meriah

Cuaca Terik, Pawai Budaya Sugihwaras Bojonegoro Tetap Meriah

TerasJatim.com, Bojonegoro – Teriknya cuaca tak menyurutkan semangat warga Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru Bojonegoro Jatim, untuk mengikuti Pawai Budaya dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-73 yang digelar pada Minggu (26/08) siang.

Pawai budaya yang mengambil start dari komplek Pendapa Balai Desa itu dimulai pukul 13:00 WIB, dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) setempat dengan sebarisan perangkat desa yang berdandan ala punggawa jawa.

“Ya, memang ini tradisi kami sejak dulu. Barisan jajaran Pemdes berada paling depan sebagai pembuka jalan sekaligus pelindung barisan berikutnya,” ujar Sutiono ST, Kades setempat.

Selain itu, Sutiono menyatakan keberadaan barisan pertama para perangkat desa yang dia pimpin itu merupakan simbol pengayom dan pelayan rakyat yang berada di belakangnya.

Tak sia-sia apa yang dicanangkan Kades tersebut. Sebab seribuan lebih warga desa, baik pria maupun wanita, tua muda tumplek blek berpartisipasi menjadi peserta dengan tema kostum pilihan masing-masing.

“Ada 9 RW dan 64 RT di desa saya ini. Alhamdulillah, seluruhnya semangat dan kompak mengikuti kegiatan ini. Ini memang pawai budaya dan pesta rakyat dalam rangka HUT ke-73 NKRI,” paparnya gembira.

Iring-iringan peserta Pawai Budaya Sugihwaras itu berjalan melintasi jalan poros desa memutar melewati Desa Baureno hingga menapaki jalan poros Kecamatan Kepohbaru kemudian masuk ke Desa Sumbergede dan finish kembali di Balai Desa setempat.

“Sangat bangga dan terharu melihat semangat warga yang rela berpanas-panasan berjalan kaki menempuh rute berjarak 5 kilo meter lebih. Saya sangat menghargai kekompakan seluruh elemen desa yang ada,” tukasnya.

Ia pun berharap, ke depan warga desanya makin guyup rukun saling bertoleransi dan menjunjung nilai-nilai budaya yang diwariskan para leluhur serta bersama-sama memajukan desa tanah tumpah darahnya tersebut.

“Harapan saya selaku Kades supaya warga saya tetap guyub rukun dan sejahtera secara lahir dan batin. Sekali lagi terima kasih untuk semua yang telah mendukung acara ini sehingga sukses dalam suasana penuh gembira,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pawai Budaya ditutup dengan pembagian hadiah bagi kelompok peserta yang dinilai paling indah dan sesuai tema melalui penjurian independen tim kecamatan yang dikoordinatori Sekcam Kepohbaru. (Adv/Yog/Saiq/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim