Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bupati Blitar Sebut Gotong Royong Jadi Kunci Keberhasilan Masuk Nominasi Lomba IVA Tingkat Nasional

Bupati Blitar Sebut Gotong Royong Jadi Kunci Keberhasilan Masuk Nominasi Lomba IVA Tingkat Nasional

TerasJatim.com, Blitar – Kerja keras dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Blitar khususnya PKK di Desa Ampelgading Kecamatan Selorejo membuat Kabupaten Blitar mewakili Provinsi Jatim menjadi salah satu dari 5 nominasi peserta lomba IVA Test tingkat nasional.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kerja cerdas tim penggerak PKK Kabupaten Blitar bersama dengan seluruh elemen yang terkait dalam memperbaiki paradigma yang ada pada masyarakat, khususnya kaum wanita untuk lebih antusias mencegah kanker serviks melalui rangkaian IVA Test yang dilaksanakan di setiap tingkatan.

Sementara itu, sebanyak 4 orang tim penilai dari pemerintah pusat datang langsung ke Desa Ampelgading untuk melakukan penilaian, Jumat (31/08) pagi.

Usai menyambut kedatangan tim penilai, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, IVA Test termasuk program pemerintah yang cukup strategis untuk memeriksa kanker rahim yang ganas. Untuk melakukan upaya tersebut, leading sektornya berada pada PKK yang bersinergi dengan Dinas Kesehatan.

Ia menjelaskan, hasil evaluasi selama ini bahwa program dari pemerintah pusat bisa berhasil dengan baik jika masyarakat bisa gotong royong. “Jadi kuncinya dengan gotong royong. Termasuk IVA Test ini, kebersamaan gotong royong sudah mewarnai kegiatan ini dengan melibatkan semua pihak. Tidak hanya Dinas dan PKK saja, tetapi tokoh masyarakat dan tokoh agama juga ikut berperan,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati memaparkan, kesuksesan Kabupaten Blitar dalam menjalankan program IVA Test ini tak lepas dari dukungan maupun peranan dari semua pihak. Bahkan tidak hanya PKK di tingkat Kabupaten saja, melainkan PKK di tingkat Desa, Dusun, RT, hingga Dasawisma, turut bergerak membantu sosialisasi dan pendampingan.

“Mereka sangat semangat. Ini tentunya luar biasa. Jadi PKK ini membantu sosialisasi dan pendampingan, sedangkan yang menangani pemeriksaan bagian Puskesmas,” imbuhnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Selorejo, Lilik Rully mengatakan, kelompok PKK Selorejo sudah lama bergerak untuk menggerakkan ibu-ibu melalui PKK desa. Ia mengaku sudah melakukan penandatanganan komitmen pelaksanaan deteksi dini kanker dengan dinkes bersama 10 desa di Kecamatan Selorejo untuk pemeriksaan IVA.

Menurutnya, tidak hanya Kelompok Kerja IV saja yang melakukan sosialisasi, tetapi secara menyeluruh menggelorakan IVA Test. “Pokja I sosialisasi melalui simulasi IVA, Pokja II sosialisasi pelatihan jingle IVA dan fragmen IVA, kemudian Pokja III sosialisasi toga makanan sehat dan cara memasak yang benar, dan Pokja IV melakukan deteksi dini kanker rahim dan pelaksanaan iIVA Test,” ujar Lilik.

Amanulah, Ketua Tim Penilai dari Pusat menyatakan bahwa pihaknya bertugas melakukan verifikasi tingkat lapangan sebagai tindaklanjut dari verifikasi administrasi yang dilakukan di pusat. Menurutnya Kabupaten Blitar sebagai salah satu nominasi dari 5 peserta lomba IVA Test tingkat nasional.

Dijelaskannya, lomba IVA Test ini dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK. Menurutnya kegiatan ini mencerminkan sifat gotong royong yang sesungguhnya telah dilakukan bangsa indonesia sejak dahulu kala. “Jadi semangat gotong royong melalui gerakan PKK harus digelorakan, dengan melawan kemiskinan dan ketertinggalan untuk menuju kekeluarga masyarakat yang lebih sejahtera,” tandasnya.

Amanulah menuturkan, pihaknya sangat prihatin karena saat ini aspek gotong royong rendah. Padahal gotong royong sangat bermanfaat. Untuk itu, dirinya mengajak memaknai hakekat memberdayakan keluarga adalah memberdayakan masyarakat. Dan memberdayakan masyarakat adalah membangun pondasi negeri ini.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi kepada masyarakat luas, bahwa sesungguhnya aspek gotong royong merupakan kunci pemberdayaan,”imbuhnya.(Adv/Mfh)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim