BPM-PD Banyuwangi Latih Aparatur Desa Buat Web Desa

BPM-PD Banyuwangi Latih Aparatur Desa Buat Web Desa

TerasJatim.com, Banyuwangi – Desa-desa di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, saat ini telah memiliki website desa yang dapat digunakan untuk membuka akses desa ke dunia global.

Selain itu website tersebut  juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di desa masing-masing.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD), Zen Kostolani mengatakan, sebelumnya BPM-PD telah melakukan pelatihan terhadap aparat desa.

Pelatihan dilakukan guna meningkatkan kualitas SDM di desa, sehingga aparat desa dapat memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk memajukan desa setempat.

Dalam pelatihan itu, lanjut Kostolani, selain diajari cara mengisi artikel web desa, aparat desa juga diajarkan cara mengisi konten, seperti profil desa, kontak person, serta toko UMKM yang berisi produk hasil olahan warga desa.

“Ke depan produk desa yang menarik, akan dipasarkan melalui banyuwangimall.com,” ujarnya kepada TerasJatim.com, Kamis (08/12).

bpm-pd-banyuwangi-latih-aparatur-desa-buat-web-desa

Salah satu aparatur Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo, Zainurridha mengatakan, pelatihan web desa yang digelar oleh BPMPD terhadap aparatur desa memiliki dampak postif. Terlebih di desanya terdapat tempat wisata, seperti wisata mangrove, wisata agro jagung dan cabe, serta peternakan sapi.

“Wisata itu nanti kita publikasikan di web desa yang kita miliki,” jelasnya.

Pada tahun 2016 ini terdapat 23 desa yang sudah disupport jaringan fiber optic. Sedangkan tahun 2017 mendatang ada sebanyak 65 desa yang juga akan disupport dengan jaringan yang serupa. (Irh/Red/TJ-Advertorial)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim