Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Besok, Pemkot Surabaya Gelar Festival Rujak Uleg 2018

Besok, Pemkot Surabaya Gelar Festival Rujak Uleg 2018

TerasJatim.com, Surabaya – Rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya ke 725, masih akan terus berlangsung. Setelah warga Surabaya dihibur dengan cantiknya kendaraan hias dalam Surabaya Vaganza 2018, yang digelar minggu lalu, kini giliran acara pesta kuliner yang akan memanjakan warga Surabaya melalui Festival Rujak Uleg 2018, yang akan digelar Minggu (13/05) siang.

Festival Rujak Uleg 2018 kali ini dijamin bakalan lebih heboh, lebih atraktif, lebih semarak dan lebih ramai dari pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, Festival Rujak Uleg 2018 ini sebetulnya adalah upaya Pemkot Surabaya dalam menjaga kelestarian kuliner asli khas Kota Pahlawan. Biasanya rujak uleg ini disebut juga rujak cingur. Hal ini di karenakan banyak penjual rujak uleg yang menambahkan cingur atau irisan daging dari hidung sapi ke dalam rujak uleg-nya.

Cita rasa dari cingur sapi yang kenyal, legit serta rasanya yang khas bisa memberikan aroma tersendiri dalam rujak uleg ini. Festival Rujak Uleg ini juga telah mencatatkan diri pada Musium Rekor Indonesia (Muri) sebagai festival kuliner dengan peserta pengulek terbanyak.

Rujak Uleg ini ada 2 versi, yaitu versi matang dan versi mentah. Untuk versi matang, rujak cingur ini berisi sayuran berupa kacang panjang, daun kangkung, buah mentimun, potongan tempe dan tahu yang telah di goreng. Sebelum disajikan, untuk sayurannya direbus terlebih dahulu.

Sedangkan untuk versi mentah, isiannya berupa irisan buah seperti bengkuang, mangga, mentimun, nanas dan buah lainnya. Kedua versi rujak ini lantas disiram dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah, petis dan gula merah. Bumbu ini sebelum disiramkan haruslah diuleg terlebih dahulu.

Para peserta dari Festival Rujak Uleg 2018 ini beragam, mulai dari dinas-dinas yang ada di Pemko Surabaya, perusahaan swasta, BUMN, kecamatan, Kelurahan, komunitas, perwakilan kota sahabat serta perwakilan negara sahabat.

Para peserta ini nantinya tidak akan hanya menguleg rujak saja. Mereka juga memakai pakaian atau kostum yang cukup heboh. Sepeti kostum cak atau ning, bahkan ada pula yang berkostum unik seperti memakai kostum baju buaya, memakai tanduk sapi dan lain sebagainya.

Maka jangan heran, meskipun temanya kuliner namun para peserta ini juga berdandan seperti peserta karnaval dengan aneka ragam kostum.

Selain kostum para peserta ini juga mempunyai yel-yel yang tak kalah hebohnya. Hal ini di karenakan pada Festival Rujak Uleg 2018 ini ada penilaian tersendiri bagi kelompok yang bisa menampilkan kostum unik, yel-yel dan tentunya kelezatan dari Rujak Uleg yang mereka racik.

Festival Rujak Uleg 2018 ini akan dilaksanakan di kawasan Kya-Kya Kembang Jepun Kota Surabaya. Kawasan ini telah bertahun-tahun menjadi lokasi dari penyelenggaraan Festival Rujak Uleg Kota Surabaya. Jalanan sepanjang kurang lebih 750 meter dan lebar 20 meter ini, nantinya akan dipadati oleh ribuan pengunjung.

Catat waktu pelaksanaannya, Festival Rujak Uleg 2018 ini pada Minggu (13/05) besok, dimulai Pukul 14.00 WIB. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim