Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bekas Warung Esek-Esek di Kotakan Situbondo, Akan Dijadikan Sentra Industri Buah

Bekas Warung Esek-Esek di Kotakan Situbondo, Akan Dijadikan Sentra Industri Buah

TerasJatim.com, Situbondo – Sudah sepekan ini bangunan warung remang-remang yang selama ini digunakan sebagai ajang prostitusi di Desa Kotakan Kecamatan Kota Situbondo Jatim ditutup.

Terbaru, pemerintah desa setempat berencana akan  menjadikan deretan warung tersebut sebagai sentra indutri buah lokal.

Kepala Desa Kotakan, Suriwan mengatakan, bekas warung remang-remang di Desa Kotakan tersebut tutup atas kesadaran pemilik warung sendiri, setelah sebelumnya pihak desa mengundang dan melakukan sosialisasi. Belakangan diketahui bahwa pemilik warung ternyata hampir kesemuanya berasal dari luar kota.

“Warung remang-remang sudah tutup sejak sepekan terakhir ini. Kalau masih ada warung yang buka,  itu murni hanya berjualan makanan dan minuman dan tidak menyediakan PSK,” ujar Suriwan, Kamis (18/01).

Suriwan mengaku keberhasilanya menutup praktek pelacuran terselubung tersebut, melalui pendekatan sosialiasi dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat. “Warung-warung tersebut tutup atas kesadaran sendiri, tanpa harus ada ancaman penggusuran,” jelasnya.

Saat itu pihaknya bersama Muspika Situbondo mengundang seluruh pemilik warung dan melakukan sosialisasi di balai desa serta menyampaikan kawasan warung remang-remang akan dijadikan sentra industri buah. Salah satu produk lokal unggulannya adalah buah srikaya dan buah sirsat.

“Saat ini pihak desa sudah mulai melakukan penanaman pohon srikaya di atas tanah seluas 2 hektar. Selanjutnya pihak desa dibantu pihak kecamatan akan mengembangkan tanaman jenis buah lainnya, seperti buah naga dan  durian,” tandasnya.

Sementra Udin (32), warga setempat mengaku setuju bila bekas tempat esek-esek terselubung tersebut dijadikan sebagai sentra buah. Hal itu akan lebih efektif, karena letaknya yang tepat di pinggir jalan raya  satu jalur antara Situbondo menuju ke Bondowoso. (Edo/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim