Bawa Air Zamzam, Ratusan Koper Milik Jemaah Haji Dibongkar

Bawa Air Zamzam, Ratusan Koper Milik Jemaah Haji Dibongkar

TerasJatim.com  – Selama tiga hari masa pemulangan jemaah haji Indonesia, ratusan koper milik jemaah terdeteksi membawa air Zamzam sehingga harus dibongkar dan dikeluarkan.

Air Zamzam dalam beragam kemasan itu kini menumpuk di gudang Al-Mazro’i, sebuah perusahaan cargo yang diminta maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Arabia untuk melakukan pemindaian koper jemaah haji di Makkah.

Mendapati hal tersebut, Kepala Daker Makkah Nasrullah Jasam mengimbau agar jemaah tidak memasukan air Zamzam dalam koper bagasi.

“Kita buka koper dan ternyata masih ada yang membawa air Zamzam. Ini tidak sesuai ketentuan. Padahal kita sudah menyampaikan berkali-kali. Demi keselamatan penerbangan jemaah dan kelancaran kepulangan jemaah, agar tidak memasukan air Zamzam,” ujarnya saat meninjau proses pemindaian (x ray) koper jemaah haji di gudang PT Al-Mazro’i, Makkah, Jumat (08/09) waktu Makkah.

Nasrullah menegaskan, pihaknya akan mengintensifkan kembali sosialisasi kepada jemaah melalui Ketua Sektor, Ketua Kloter, serta Ketua Rombongan dan Ketua Regu, bahwa membawa air Zamzam dalam koper dilarang karena dikhawatirkan menggangu keselamatan dan kelancaran penerbangan.

“Itu (air Zamzam dalam koper) pasti akan terdeteksi melalui proses x ray yang ada di gudang ini,” imbuh Nasrullah.

Kepada jemaah, Nasrullah mengingatkan bahwa koper yang terdeteksi akan dibongkar oleh petugasdan harus dikeluarkan.

Nasrullah juga meminta agar pihak Cargo hanya membongkar koper yang dipastikan membawa air Zamzam.

“Tadi kita sudah ingatkan kalau memang tidak ada Zamzamnya, jangan dibongkar. Kalau yakin ada, silahkan dibongkar, tapi barang yang lain dirapikan kembali sehingga tidak ada yang tercecer,” tandasnya. (Her/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim