Banyaknya Kepulauan di Sumenep, Potensi Menjadi Surga Peredaran Narkoba

Banyaknya Kepulauan di Sumenep, Potensi Menjadi Surga Peredaran Narkoba

TerasJatim.com, Sumenep – Wilayah Kabupaten Sumenep Madura, yang memiliki sekitar 126 kepulauan, berpotensi menjadi surga bagi proses peredaran narkoba. Hal ini dikarenalan secara geografis letaknya jauh dari pengawasan aparat penegak hukum.

Menurut Ketua Lembaga Pencegahan Penyalahgunaan Nakotik dan Obat-obatan Terlarang (P2NOT), Zamrud Khan, sesuai analisa yang dilakukan lembaganya, peredaran narkoba di Sumenep melalui dua pintu baik daratan maupun kepulauan.

“Proses peredaran narkoba di kepulauan sangat mudah dilakukan karena belum bisa dijangkau aparat penegak hukum, sehingga peraturan presiden tentang pentingnya kerjasama antara kepolisian, TNI, BNNK serta masyarakat harus aktif melaporkan penyalahgunaan narkoba di daerahnya,” jelasnya.

Menurutnya, kejahatan narkoba dikategorikan sama dengan kejahatan terorisme karena dapat meruntuhkan generasi bangsa, bahkan saat ini narkoba juga masuk extra ordinary crime yang harus diberantas hingga ke akarnya.

“Karena Sumenep memang banyak kepulauannya, jadi memang sangat potensial sekali untuk dijadikan basis peredaran narkoba. Masyarakat memiliki andil penting dalam pemberantasan narkoba.” ujarnya.

Zamrud Khan meminta agar aparat penegak hukum bekerjasama dengan masyarakat kepulauan agar bisa melaporkan penyalahgunaan narkoba dan membberikan penghargaan atas partisipasinya.

Selain itu, perlu ada kerjasama dengan mantan narapidana narkoba untuk mengungkap peredaran narkoba di wilayah paling ujung Pulau Madura itu. (Isk/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim