Banjir Rendam 3 Desa di Sutojayan Blitar, Warga Dievakuasi

Banjir Rendam 3 Desa di Sutojayan Blitar, Warga Dievakuasi

TerasJatim.com, Blitar – Hujan deras yang turun sejak kemarin,menyebabkan tanggul sungai Unut dan sungai Bogel jebol. Akibatnya tiga desa di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Jatim terendam banjir.

Tiga desa itu yakni Gondanglegi, Purwokerto dan Sutojayan  Kecamatan Sutojayan.

Banjir merendam ratusan rumah dan dua sekolah dasar, yakni SDN 3 Gondanglegi dan SDN 2 Sutojayan.

Selain itu, jalan protokol yang menghubungkan Kecamatan Sutojayan dengan Kecamatan Wonotiirto juga terendam air. Ketinggian air di jalan raya mencapai 1 meter lebih. Akibatnya akses utama ini lumpuh dan ditutup total.

Ketinggian air semakin parah terjadi di permukiman padat penduduk di Gondanglegi dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih.

“Hujan deras dari sore hingga malam sehingga sungai meluap dan tanggul jebol, Banjir menerjang rumah-rumah warga,” ujar Misbah, salah satu warga yang rumahnya kebanjiran.

Petugas gabungan yang terdiri dari Polisi,TNI, BPBD dan PMI Kabupaten Blitar terus menyisir lokasi yang terendam banjir, dengan menggunakan perahu karet.

“Kita evakuasi warga untuk mengungsi, dan kita prioritaskan orang tua, balita serta penyandang disabilitas,” terang Dandim 0808 Blitar, Letkol Arhanud Suryadhani.

Sementara pihak BPBD Kabupaten Blitar juga mulai mendirikan posko dan dapur umum darurat,untuk keperluan para pengungsi.(Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim