Banjir Gunung Landa Pemukiman Warga Perbatasan Bojonegoro-Lamongan

Banjir Gunung Landa Pemukiman Warga Perbatasan Bojonegoro-Lamongan

TerasJatim.com, Bojonegoro – Banjir gunung melanda Dusun Sekalang Luar, Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Jatim. Hal itu lantaran hujan deras sore hari yang melanda kawasan pegunungan kapur yang tak jauh dari pemukiman warga.

“Sudah langganan kalau hujan lebat di daerah gunung Desa Gajah pasti terjadi banjir dadakan di sini,” ujar Wartono, warga setempat, Rabu (04/10/17) petang.

Meski mengaku tidak kaget dengan banjir air gunung dadakan tersebut, sejumlah warga yang berada di perbatasan Bojonegoro-Lamongan tepatnya di seputar Masjid Raudlah II itu merasa kerepotan menyelamatkan barang-barangnya.

“Banjirnya tidak bahaya dan tidak lama, hanya lewat saja, paling sekitar 1 jam tetapi air cepat sekali menggenang dengan aliran deras masuk ke dalam rumah,” ungkap Mat Dalil (59) yang rumahnya selalu kemasukan air banjir gunung.

Tak ayal, karena air datang cepat seringkali barang-barang warga terendam jika tidak segera diamankan. Kulkas dan sejumlah barang elektronik tak jarang rusak akibat banjir yang biasanya sampai betis orang dewasa itu.

Belum lagi saat usai banjir, warga harus bersih-bersih sisa kotoran yang terbawa aliran banjir gunung. “Linet campur sampah ini yang bikin susah,” gerutunya.

Menurut warga, banjir gunung sejak dulu memang terjadi, tetapi tidak sesering beberapa tahun belakangan ini. Warga menduga seringnya banjir gunung akibat dari tidak tertatanya sistem saluran air yang telah lama tidak ada peremajaan dari pemerintah. (Saiq/Red/TJ).

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim