Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bahaya Minum Kopi Berlebihan Bagi Wanita

Bahaya Minum Kopi Berlebihan Bagi Wanita

TerasJatim.com – Kopi mempunyai kandungan zat bernama kafein yang sebenarnya memberi manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam dosis rendah. Kafein dapat menambah konsentrasi, menyegarkan tubuh, dan membantu mengurangi rasa ngantuk.

Namun bagi wanita, ada beberapa peringatan mengenai konsumsi kopi berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan. Karena itu kaum hawa tidak disarankan untuk sering mengkonsumsi minuman tersebut apalagi secara rutin dan banyak.

Kopi dapat meningkatkan produksi hormon adrenal yang memicu jantung berdegup lebih kencang. Efeknya, Anda bisa mengalami insomnia.

Dalam sebuah studi, kafein berlebihan juga menyebabkan pembuluh darah melebar termasuk di bagian payudara sehingga menyebabkan nyeri.

Berikut bahaya lain konsumsi kopi berlebihan yang bisa terjadi pada wanita seperti dilansir Sidomi dari laman Boldsky:

Overdosis

Minum kopi berlebihan juga bisa menyebabkan overdosis. Kafein sebenarnya termasuk zat kimia namun dihasilkan oleh biji kopi. Tanda-tanda overdosis kafein adalah mudah gugup, gelisah, insomnia, mual, dan muntah. Gejala selanjutnya adalah detak jantung tidak beraturan, palpitasi jantung, hipertensi dan sakit kepala.

Nyeri payudara

Menurut studi yang dilakukan American Medical Association’s Council on Scientific Affairs dan National Cancer Institute mengungkap bahwa rasa nyeri bisa terjadi akibat konsumsi kopi berlebihan. Biasanya dikenal sebagai penyakit payudara fibrocystic.

Masalah kejiwaan

Ini bukan isapan jempol semata, karena sebenarnya kafein yang terlalu banyak bisa memicu efek samping pada masalah kejiwaan. Misalnya adalah mudah bingung hingga gejala psikotik. Mudah cemas juga termasuk diantaranya.

Kepadatan tulang berkurang

Kafein dalam dosis tinggi pun bisa menimbulkan efek kurangnya kepadatan mineral tulang wanita pasca menopause.

Ketidakseimbangan adrenal

Produksi hormon adrenal bisa jadi tak seimbang, memicu efek sulit tidur dan menurunkan libido.

Turunnya fungsi kognitif

Otak yang selalu dipacu kerjanya oleh kafein, pada suatu masa nanti akan menurun kinerjanya. Hasil studi menyebut bahwa ribuan wanita yang rutin minum 3 cangkir kopi mengalami penurunan daya pikir secara signifikan. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim