Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Antisipasi Kerawanan, Aparat Gabungan Lakukan Pengamanan Suro di Madiun

Antisipasi Kerawanan, Aparat Gabungan Lakukan Pengamanan Suro di Madiun

TerasJatim.com, Madiun – Aparat gabungan dari Polres Madiun Kota yang dibantu TNI dan dinas terkait di Kota Madiun melakukan pengamanan selama kegiatan Suro, 1 Muharram 1440 Hijriyah.

Tak hanya di jalan-jalan tikus atau jalan alternatif, pengamanan juga dilakukan di semua lini termasuk area makam yang terbagi dalam empat ring.

Kabag Ops Polres Madiun Kota, Kompol Mujo Prajoko mengatakan, pihaknya sebagai penanggung jawab pengamanan dalam kegiatan Suro, telah melakukan pengamanan sedemikian rupa untuk mencegah dan mengantisipasi segala potensi kerawanan yang dapat mengganggu kelancaran kegiatan yang menjadi tradisi tahunan tersebut.

“Kita harus kerja ekstra agar tidak ada pengerahan massa ke Kota Madiun. Fokus pengamanan kita lakukan di semua lini, semua titik kita siagakan personel, tidak hanya di pintu perbatasan tapi di semua akses jalur termasuk makam pun juga kita amankan,” ungkapnya, Selasa (11/09).

Mujo menambahkan, pihaknya dibantu anggota TNI dan Dinas Perhubungan juga melaksanakan kegiatan razia atau pemeriksaan terhadap kendaraan yang melintas terutama menuju Kota Madiun.

Pemeriksaan dilakukan terhadap kartu identitas seperti KTP, surat-surat kendaraan maupun kelengkapan kendaraan. Tak hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan terhadap masyarakat yang teridentifikasi membawa senjata tajam serta minuman keras (miras).

Sebelumnya, sesuai kesepakatan bersama, antara Forkompimda Kota Madiun dengan IPSI Madiun, tahun ini tidak ada mobilisasi massa dalam tradisi “nyekar” bagi warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) maupun kegiatan Suran Agung bagi Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTM).

Kedua perguruan pencak silat yang memiliki massa besar itu diimbau melakukan kegiatan secara sederhana di masing-masing wilayahnya. (Bud/Kta/Red/TJ/KBRN)

Baca juga: http://www.terasjatim.com/antisipasi-gesekan-di-tahun-politik-psht-tiadakan-tradisi-suroan-dan-nyekar/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim