Anggaran Dipangkas, Gerebeg Suro Digabung Dengan Peringatan Hari Jadi Ponorogo

Anggaran Dipangkas, Gerebeg Suro Digabung Dengan Peringatan Hari Jadi Ponorogo

TerasJatim.com, Ponorogo – Dua even akbar di Kabupaten Ponorogo Jatim, bakal digelar secara bersamaan. Kedua perhelatan besar tersebut yakni peringatan Hari Jadi Ponorogo yang ke-521 dan Gerebeg Suro. Hal ini sebagai upaya untuk menghemat anggaran.

Tahun sebelumnya dua even ini menghabiskan anggaran sekitar Rp1.8 milyar. Sedangkan untuk tahun ini anggarannya dipangkas hingga menjadi Rp1.3 milyar.

“Dua even ini akan digabung jadi satu, pembukaan Gerebeg Suro akan dilaksanakan Selasa (12/09), dan akan dilanjutkan dengan Festival Reyog Mini hingga tanggal 14 September. Sedangkan Festival Reyog Ponorogo Nasional digelar tanggal 15-19 September mendatang. Selama sepuluh hari¬† masyarakat disuguhi festival reyog,” ungkap Sapto Djatmiko, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa rangkaian acara Gerebeg Suro masih sama seperti pada tahun sebelumnya, yaitu masih adanya kirab pusaka, larungan risalah dan akan ditutup dengan larung sesaji pada tanggal 21 September nanti.

Meski anggarannya dipotong cukup signifikan, diharapkan acara untuk rakyat Ponorogo ini bisa tetap berjalan lancar dan spektakuker, serta tetap ramai dikunjungi masyarakat hingga wisatawan.

Diharapkan dengan even akbar ini bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Ponorogo. (Any/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim