Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Anak-Anak Ternyata Bisa Kena Batu Ginjal

Anak-Anak Ternyata Bisa Kena Batu Ginjal

TerasJatim.com – Tahukah Anda, anak-anak ternyata juga bisa terkena penyakit batu ginjal, sehingga hal ini tak boleh disepelekan oleh orang tua.

Kadang orang tua kurang paham akan hal ini dan tak melakukan tindakan pencegahan sehingga buah hatinya terlanjur sakit.

Menurut Hery Tiera, seorang dokter spesialis Urologi, siapa saja memang bisa terkena batu ginjal. Penyebabnya adalah karena kebiasaan tidak minum dalam jumlah yang cukup.

Orang tua kadang kurang paham dan tidak menyuruh anak balitanya minum, padahal aktifitas bermain anak sering membuat mereka berkeringat.

Anak yang kelelahan, mereka butuh banyak asupan cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika hal ini terjadi, anak bisa mengalami dehidrasi.

Tubuh anak tidak mendapat tambahan cairan yang cukup. Hasilnya, ginjal sulit bekerja dengan baik. Urine jadi pekat sebab harus membuang racun dari dalam tubuh namun cairannya kurang.

Terbentuklah endapan kristal batu di saluran ureter karena kesalahan yang sederhana saja, yakni kurang minum air putih. Akhirnya, ginjal pun bisa bengkak karena hal itu.

“Bengkak karena saluran yang dilalui kencing tersumbat batu,” jelas Hery, seperti dilansir Sidomi.

Untuk menghindari terjadinya batu ginjal pada anak, jangan biarkan anak terlalu lama mengalami dehidrasi. Ini untuk mencegah kinerja ginjal memburuk dan memicu penyakit yang lebih parah.

Berikan air minum yang rendah kapur, jika Anda memiliki air sumur yang tinggi zat kapur maka jangan gunakan air itu untuk minum. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim