Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Amankan Tahapan Pemilu 2019, Polda Jatim Terjunkan 26 Ribu Personelnya

Amankan Tahapan Pemilu 2019, Polda Jatim Terjunkan 26 Ribu Personelnya

TerasJatim.com, Surabaya – Untuk mengamankan seluruh tahapan Pileg dan Pilpres 2019, Polda Jatim akan menerjunkan sekitar 26 ribu personelnya.

Jal itu disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018 di Mapolda Jatim, Rabu (19/09).

Menurutnya, dalam proses pengamanan tersebut, jajaran Polda Jatim juga akan dibantu oleh jajaran TNI dari Kodam V/ Brawijaya, yang mengerahkan sekitar 17 ribu pasukan.

“Untuk kekuatan personel yang dilibatkan itu ada 26 ribu. Kemudian dari TNI itu 2/3 (Kodam V/ Brawijaya) yaitu ada 17 ribu yang dilibatkan. Sisanya dari Linmas nanti,” katanya.

Terkait kerawanan dalam setiap tahapan Pemilu 2019, Luki tidak memungkiri hal itu. Bahkan menurutnya, hoax dan hate speech yang saat ini sudah berseliweran di media sosial termasuk ke dalam salah satu kerawanan dalam tahapan Pemilu 2019.

Namun, ia memastikan jajarannya sudah siap mengatasi berbagai kerawanan tersebut. “Yang jelas kerawanan masing-masing tahap ada. Termasuk saat ini di media, terutama yang kita rasakan bentuk-bentuk memecah belah seperti hoax, hate speech, ini sudah muncul. Ini akan kita lakukan (penindakan) tetap dengan Satgas yang kami bentuk,” ujar Luki.

(Doc: SSnet)

Luki menegaskan kesiapan jajarannya untuk bisa mengamankan berbagai tahapan Pileg dan Pilpres 2019.

Luki menambahkan, apel gelar pasukan dengan sandi operasi Mantap Brata 2018 yang dilaksanakan dengan jajaran TNI, dan stakeholder terkait juga merupakan bentuk kesiapan aparat keamanan dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres 2019.

“Kita siap melaksanakan Operasi Mantap Brata bersama-sama TNI dan stakeholder lainnya. Hari ini seluruh jajaran baik Polda, Polres ini melakukan yang sama gelar pasukan dengan melibatkan satuan TNI dan Polri, serta stakeholder semacam pemerintah daerah,” pungkasnya. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim