Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Air Terjun Madakaripura, Tempat Meditasi Gajah Mada

Air Terjun Madakaripura, Tempat Meditasi Gajah Mada
doc : wisatania

TerasJatim.com, Surabaya – Satu lagi pesona wisata alam di Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi, adalah Air terjun Madakaripura. Air terjun ini adalah sebuah tempat wisata alam yang menyajikan keindahan sekaligusmenantang bagi pecinta penjelajah alam sejati.

Air terjun Madakaripura, terletak di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, dan 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Selain itu, masyarakat lokal meyakini bahwa Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhir Mahapatih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit. Konon, sumber kekuatan sang patih yang luar biasa tersebut, berasal dari dalam gua di dekat Air Terjun Madakaripura. Di tempat itulah Gadjah Mada sering datang untuk bermeditasi.

Keberadaan air terjun ini terbilang cukup dekat dengan Gunung Bromo. Dengan demikian, siapapun yang melakukan pendakian di Gunung Bromo dapat menyempatkan diri untuk datang menyaksikan pesonanya.

Letak Air Terjun Madakaripura berada di kaki salah satu bukit di Pegunungan Tengger. Air terjun ini berada pada ceruk dan dikelillingi bukit. Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya.

Air Terjun Madakaripura terkesan mistis, namun akan memberi suguhan yang memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Selain itu, di dalamnya terdapat “ruang” yang berketinggian 200 meter. Di ruang itu bisa terlihat jelas pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu yang disertai suara gemuruhnya air..

Untuk sampai di air terjun Madakaripura ini, dari Probolinggo, anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Anda bisa mengutarakan tujuan anda kepada awak bus, bahwa anda ingin mengunjungi air terjun Madakaripura, dan anda akan diturunkan di pertigaan Tongas. Setelah turun, anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkutan kecil, yang siap mengantar anda ke tempas mistis nan elok ini. Selamat menikmatinya. (Kta/TJ, diolah dari berbagai sumber)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim