Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

ADD dan DD di Situbondo Naik, Tiap Desa Digelontor 1,6 Miliar

ADD dan DD di Situbondo Naik, Tiap Desa Digelontor 1,6 Miliar

TerasJatim.com, Situbondo  Dari 132 desa di Kabupaten Situbondo, tercatat baru 17 desa yang bisa mencairkan ADD dan bantuan DD tahun ini, karena persyaratannya dianggap sudah lengkap.

“Tahun ini bantuan Dana Desa  (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) naik menjadi 213 miliar lebih. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan bantuan DD dan ADD tahun 2017 silam yang hanya 201 Miliar lebih,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Suradji, Rabu ,(21/03)

Menurut Suradji, penerimaan bantuab DD dan ADD tahun ini, setiap desa akan menerima Rp1,6 miliar. Dari 213 miliar lebih bantuan DD dan ADD, rinciannya ADD sebesar Rp98 miliar lebih, sedangkan bantuan DD sebesar Rp115 miliar lebih.

“Tentu dalam pencairan anggaran desa melalui tahapan. Untuk tahap pertama yakni pencairan ADD 50 persen, sedangkan untuk bantuan DD, sebesar  20 persen,” ujarnya.

Suradji mengaku, untuk ADD pencarirannya dilakukan dua kali tahapan. Sedangkan DD pencairannya dilakukan tiga kali tahapan. “Tahap pertama 20 persen, sedangkan tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen,” urainya.

Lebih jauh Suradji meminta, agar 115 desa lainnya, segera merampungkan persyaratannya agar bisa secepatnya mencairkan bantuan ADD dan DD tahap pertama.

Surajdi juga berharap, anggaran tersebut untuk digunakan sebaik-baiknya dan tertib dalam penggunaannya termasuk dalam pembuatan SPJ-nya.

“Jangan sampai terulang lagi seperti kejadian sebelumnya, dimana perampungan SPJ banyak desa keteteran bahkan ada kepala desa di non-aktifkan sementara,” pungkasnya. (Edo/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim