Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

8 Wasit Asal Jatim Ikuti Seleksi Untuk Memimpin Liga 1

8 Wasit Asal Jatim Ikuti Seleksi Untuk Memimpin Liga 1

TerasJatim.com – Menjelang bergulirnya Liga 1 Tahun 2018, PSSI menggelar seleksi 49 wasit dan 64 asisten wasit di Yogyakarta pada 12-15 Maret 2018. Dari jumlah 49 wasit, terdapat 8 wasit asal Jatim yang ikut seleksi.

Kedelapan wasit asal Jatim itu, adalah Prasetyo Hadi, Djumadi Effendi, Iwan Sukoco, Tabrani, Bahrul Ulum, Yeni Krisdianto, Rully Ruslan Tambuntina dan Hamim Tohari.

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Marco Gracia Paulo menjelaskan, tujuan dilakukan seleksi wasit ini untuk menjaga mutu kompetisi sepak bola Indonesia.

“Wasit memainkan peran penting dalam perkembangan sepak bola khususnya melalui kualitas kompetisi di setiap level. Hal ini juga menjadi prioritas yang dicanangkan PSSI,” jelasnya dalam siaran persnya, Rabu (14/03).

Marco menambahkan, PSSI fokus dua program besar di 2018-2020, yakni peningkatan kualitas wasit dan pelatih.

“Kolaborasi dengan Jepang Football Associations (JFA) yang sedang kami bangun sebagai akselerasi kualitas wasit kita di tingkat dunia. Dimulai dari target tahun 2020 wasit kita harus di level Asia,” imbuhnya.

Dia menambahkan pada 2030, PSSI mengusung target minimal mempunyai dua wasit asal Indonesia yang akan memimpin di Piala Dunia. Untuk mencapai target itu, PSSI akanberupaya meningkatkan kualitas wasit dengan sungguh-sungguh.

“PSSI percaya dan tidak bermain-main dalam usaha meningkatkan kualitas wasit di Indonesia serta untuk mencapai mimpi ke Piala Dunia bagi wasit Indonesia. Sekarang saatnya para wasit yang ikut seleksi untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan sepak bola Indonesia khususnya melalui performa di lapangan,” jelas Marco.

Sementara, Direktur Wasit PSSI dari JFA, Toshiyuki Nagi, mengatakan, materi untuk seleksi wasit ada praktik dan teori. “Wasit dan asisten wasit yang mengikuti seleksi ada yang lama dan baru. Kami memberikan pengetahuan soal peraturan pertandingan dan law of the game terbaru,” kata Nagi.

Untuk tes, terangnya meliputi fisik, fitnes, dan psikologi. “Kami berharap dengan adanya seleksi ini wasit yang terpilih mampu bertugas dengan baik saat Liga nanti. Semoga para wasit dapat meningkatkan performa, kepercayaan diri, dan tegas dalam pengambilan keputusan,” tambah mantan wasit Piala Dunia 2014 ini. (Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim