Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

68 Personel Raider 500, Resmi Jadi Warga Sikatan

68 Personel Raider 500, Resmi Jadi Warga Sikatan

TerasJatim.com, Surabaya – Sebanyak 68 personel Raider 500, resmi menjadi warga Sikatan, usai mengikuti tradisi pembinaan mental dan tradisi (Bimentra).

Bimentra sendiri merupakan salah satu tradisi khusus yang secara turun-temurun masih tertanam di satuan elit milik Kodam V/Brawijaya tersebut.

Danyonif Raider 500/Sikatan, Letkol Inf Sidik Wiyono menjelaskan, tak mudah untuk menjadi warga ataupun bagian dari satuan yang dipimpinnya itu.

Menurutnya, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati oleh calon warga Sikatan sebelum dinyatakan resmi menjadi keluarga besar Sikatan.

“Calon keluarga besar Sikatan harus mampu berjalan dari Mako menuju ke museum Trowulan, Kabupaten Mojokerto,” ungkapnya, usai menggelar prosesi pemotongan tumpeng di hadapan ratusan keluarga besar Sikatan. Minggu, (28/10) siang.

Sidik menambahkan, sesampai di Trowulan, calon keluarga besar Sikatan harus kembali lagi ke Mako dengan berjalan kaki.

Museum Trowulan, kata Sidik, memiliki nilai sejarah tersendiri bagi pasukan Yonif Raider 500/Sikatan saat melakukan pengejaran terhadap musuh yang saat itu hendak menyerang kerajaan Majapahit.

“Sejatinya, pasukan Sikatan adalah tentara kerajaan Majapahit. Saat itu, pasukan Sikatan melakukan pengejaran musuh di daerah Canggu, Mojokerto, yang saat itu merupakan markas kerajaan Majapahit,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, tambah Sidik, kegiatan yang digelar di Mako Yonif Raider 500/Sikatan itu, juga bertujuan untuk memperingati HUT Yonif Raider 500/Sikatan yang jatuh pada tanggal 25 Oktober kemarin, sekaligus tasyakuran kenaikan pangkat 1 Oktober 2018.

“Semua sesepuh, dan keluarga besar Sikatan hadir di acara ini. Saya berharap dengan kehadiran para sesepuh itu mampu menciptakan kekompakan diantara prajurit Sikatan saat ini, dengan para pendahulunya,” harapnya.

Selain itu, acara yang berlangsung di Mako Yonif Raider 500/Sikatan itu juga bertujuan untuk mempertemukan seluruh keluarga besar Sikatan dari seluruh penjuru Indonesia.

“Acara ini juga sebagai ajang reuni keluarga besar Sikatan yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Ribuan keluarga besar Sikatan, sekarang berkumpul di rumah keduanya ini (Mako Yonif Raider 500/Sikatan, red),” pungkas Sidik. (Dik/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim