6 Kecamatan di Kabupaten Jember Terendam Banjir

6 Kecamatan di Kabupaten Jember Terendam Banjir

TerasJatim.com, Jember – Hujan deras yang terus mengguyur sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Jember Jatim sejak Kamis (08/12) sore hingga Jumat dini hari, menyebabkan ribuan rumah warga terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember menyatakan, hingga Jumat (09/12) siang, tercatat ada sebanyak 1800 rumah warga di enam Kecamataan di Kabupaten Jember kebanjiran.

Ribuan rumah warga itu tersebar di sejumlah kecamataan yakni Wuluhan, Balung, Bangsalsari, Tanggul, Sumber baru dan Semboro.

“Hujan deras merata menguyur kabupaten jember mulai Kamis Sore hingga Jumat dini hari kemarin, akibatnya debit air di sejumlah sungai meluap dan meluber ke pemukiman warga di enam kecamatan itu,” ujar Heru Widagdo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, kemarin.

Menurut Heru, petugas BPBD Jember bersama Muspika di masing-masing Kecamatan telah diterjunkan guna membantu warga yang rumahnya terendam banjir dan mengevakuasi ke lokasi aman.

Jika tidak turun hujan dengan intensitas tinggi, diharapkan pada Jumat sore banjir mulai surut. Namun demikian, pihak BPBD tetap menghimbau agar warga khususnya di enam kecamataan itu, tetap mewaspadai potensi banjir  yang dapat terjadi kembali karena meluapnya debit air aliran sungai,  terutama saat terjadi hujan dengan intensitas yang cukup lama.

“BMKG memprediksi puncak curah hujan terjadi pada Desember ini hingga Januari, masyarakat terutama yang berada di kawasan bantaran sungai  dan kawasan langanan banjir agar selalu waspada dan berhati-hati,” pungkasnya. (Luk/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim