52 Ribu Petugas Sensus Ekonomi Jatim, Siap Datangi Rumah Warga dan Perusahaan

52 Ribu Petugas Sensus Ekonomi Jatim, Siap Datangi Rumah Warga dan Perusahaan

TerasJatim.com, Surabaya – Lebih dari 52 ribu petugas akan diterjunkan dalam Sensus Ekonomi (SE) 2016 selama sebulan penuh.

Sensus Ekonomi 2016  ini akan dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 31 Mei 2016. Target para petugas sensus, adalah mendata semua jenis usaha mulai dari rumah tangga dan segala bentuk jenis usaha dan perusahaan, UMKM yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Kepala BPS Jawa Timur Teguh Pramono, mengatakan, petugas akan mendatangi dan mendata setiap rumah dan setiap jenis usaha yang ada.

“Semua usaha akan didata. Sekecil apapun usahanya termasuk penjual pisang goreng sekalipun tetap didata,” ujarnya.

Petugas akan memberikan 22 pertanyaan dasar, diantaranya nama, alamat, status badan usaha, jumlah tenaga kerja, penggunaan internet, nilai input, dan output usaha tersebut.

Sementara bagi rumah tangga yang tidak mempunyai usaha, tetap akan didatangi dan didata guna melengkapi data sensus yang ada.

Data yang didapat petugas di lapangan, kemudian  akan diolah di BPS tingkat kabupaten/kota, kemudian diteruskan ke tingkat Provinsi dan diserahkan ke tingkat nasional.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, pemerintah sangat berkepentingan dengan data sensus dari BPS.

“Kami berharap sensus kali ini dapat menghasilkan data yang jujur, akurat dan terpercaya,” harapnya. (Tom/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim