5 Ciri Kolesterol Tinggi yang Akan Terlihat Pada Kaki

5 Ciri Kolesterol Tinggi yang Akan Terlihat Pada Kaki

TerasJatim.com, Surabaya – Kadar kolesterol yang tinggi ternyata dapat dideteksi melalui kondisi kaki. Memang akan lebih akurat jika memeriksa kondisi kolesterol itu di laboratorium. Namun untuk lebih praktis dan mudahnya, coba perhatikan beberapa tanda yang terlihat di kaki Anda.

Kolesterol tinggi biasanya akan membuat pembuluh arteri mengalami penumpukan plak, sehingga menjadi sempit dan menghambat aliran darah di tubuh.

Dilansir dari Sidomi yang dikutip dari Health Line, David Slovut, MD, direktur terapi intervensi di Montefiore Medical Center memberikan informasi tanda bila kolesterol Anda sedang tinggi yang tampak pada bagian kaki:

Sakit

Kaki akan mengalami sakit dan pegal serta kelelahan jika digunakan untuk melangkah. Padahal Anda sebelumnya tidak berjalan jauh atau melakukan aktifitas kaki lainnya. Ini tanda di arteri kaki terjadi penyumbatan plak atau kolesterol.

Kram

Kaki terasa kram dan kaku pada tumit, kaki bagian depan, dan bisa juga diikuti dengan kejang-kejang kaki. Kondisi ini umumnya dirasakan pada malam hari saat tidur.

Kulit kuku berubah warna

Akan terjadi perubahan warna kulit dan kuku kaki, mejadi lebih gelap. Kuku mengeras dan tebal, serta pertumbuhannya lambat. Kulit pun akan menebal di beberapa bagian kaki.

Dingin

Kaki akan terasa dingin karena peredaran darah di bagian tersebut tidak lancar. Jika Anda menyentuh bagian kaki pun akan terasa dingin.

Otot betis mengecil

Akibat tidak lancarnya sirkulasi darah, maka perkembangan otot di bagian betis jug aikut terpengaruh. Otot betis dapat berubah mengecil, atau sering disebut atrofi atau menyusut.

Segera periksakan diri ke dokter jika kondisi ini terjadi pada Anda. (Mus/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim