Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

3 Buronan Polresta Malang Dibekuk di Sragen dan Solo, Seorang Pelaku Tewas Tertembak

3 Buronan Polresta Malang Dibekuk di Sragen dan Solo, Seorang Pelaku Tewas Tertembak

TerasJatim.com – Tiga pria yang menjadi buron kasus perampokan nasabah bank di Kota Malang Jatim, dibekuk Satuan Resmob Polres Malang Kota di Sragen dan Surakarta Jateng.

Mereka masing-masing Endong Abdul Wahab (42), yang tinggal di Wonocolo Surabaya dan Agus Bambang Priyatno (56), warga Desa Nglejeng Kecamatan Panggul Trenggalek. Keduanya dilumpuhkan di perbatasan anatara Kecamatan Masaran dan Sidoharjo Sragen Jateng.

Sedangkan Moh Fauzi (39), pria asal Jombang yang tinggal di Jetis Lemah Putro Sidoarjo ini, ditembak polisi di depan BNI Pasar Legi Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Jateng.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, selain ketiga komplotan penjahat bengis tersebut, polisi juga mengamanakan barang bukti berupa sepeda motor Yamaha NMax warna abu-abu metalik nopol W 4766 NJ, dan sepeda motor Tiger warna hitam.

Menurut Barung, ketiganya merupakan buronan Polres Malang Kota atas aksi kejahatannya di Kota Malang. Namun, ketiganya menghindari kejaran polisi dan lari ke arah Sragen dan Solo Jateng.

Kepada petugas, ketiganya mengaku berangkat dari Sidoarjo dan sempat bermalam di wilayah Surakarta. Sementara motor untuk sarana kejahatan mereka dikirim lewat jasa ekspedisi kereta api. “Para pelaku ini beraksi di wilayah Jatim, Jateng,  Bali dan Kalimatan,” jelasnya, Sabtu (13/01).

Kombes Barung menuturkan, kronologi penangkapan bermula dari hasil pelacakan polisi yang kemudian mengetahui pergerakan para pelaku dari Sidoarjo kota menuju Surakarta.

“Lalu mereka dibuntuti dan terdeteksi akan melakukan pencurian dengan modus pecah kaca, gembos ban dan perampokan di sebuah showroom mobil serta berencana melakukan pencurian dengan kekerasan di sebuah bank,” imbuhnya.

Saat melakukan aksinya di sebuah bank di Pasar Legi Surakarta itulah, ketiga pelaku disergap tim Resmob Polres Malang Kota. Petugas sempat memberikan tembakan kepada ketiga pelaku karena berusaha kabur.

Satu pelaku atas nama Moh Fauzi berhasil diamankan dan dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Banjarsari Kota Surakarta untuk mendapatkan perawatan. Sementara dua pelaku lainnya yang salah satunya tertembak berhasil kabur dengan mengendari sepeda motor jenis Tiger warna hitam.

Petugas kemudian melakukan koordinasi dengan anggota Polres Sragen, hingga keduanya dapat disergap di wilayah Sragen. Selanjutnya ketiga buronan ini dibawa ke Malang.

Namun saat dalam perjalanan, tepatnya di daerah Purwodadi Pasuruan, salah satu tersangka yakni M Fauzi didapati telah tewas. Selanjutnya jasad Fauzi dibawa ke RS Saifull Anwar Malang untuk proses identifikasi.

Sementara kedua pelaku lainnya, kini masih menjalani proses hukum lebih lanjut di Mapolres Malang Kota. (Ah/Kta/Red/TJ)

 

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim