2 Bulan Terakhir, Rumah Warga di Desa Karangdoro Banyuwangi Diserang Nyamuk Hijau

2 Bulan Terakhir, Rumah Warga di Desa Karangdoro Banyuwangi Diserang Nyamuk Hijau

TerasJatim.com, Banyuwangi – Warga yang berdiam di Dusun Blokagung Desa Karangdoro  Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi Jatim, beberapa waktu terakhir dilanda keresahan.

Hal ini karena sudah dua bulan belakangan, banyak nyamuk berwarna hijau yang menempel di dinding rumah mereka. Bahkan jumlahnya tidak hanya ribuan, namun diperkirakan mencapai jutaan.

Wanti, salah satu warga desa setempat mengaku resah dan tidak nyaman dengan banyaknya nyamuk hijau yang menempel di dinding rumah mereka. Terlebih meski sudah dibasmi dengan pembasmi serangga, namun selang beberapa jam kemudian, jenis nyamuk yang masih asing itu kembali datang ke rumah mereka.

“Besarnya sama dengan nyamuk pada umumnya, cuma yang ini ada ekornya dan warnanya hijau,” ujarnya, Selasa (10/01).

Sementara itu Suwedi ketua RT setempat mengatakan, baru kali ini ada nyamuk berwarna hijau memenuhi sejumlah rumah warganya.

“Nyamuk ini datangnya dari sungai mas,” jelasnya.

Menurut Suwedi, nyamuk berwarna hijau itu sering muncul dan berterbangan pada malam hari. Sedangkan saat siang hari, menempel di dinding rumah warga.

Ketua RT tersebut juga menunjukkan salah satu pohon yang daunnya menguning dan kering dihinggapi ribuan nyamuk hijau itu.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dokter Widji Lestariono mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan puskesmas setempat guna melakukan pembasmian dan meneliti jenis nyamuk tersebut.

Menurutnya nyamuk warna hijau itu jenis hama tanaman dan tidak sama dengan nyamuk pada umumnya.

“Jenis nyamuk itu tidak menggigit manusia, sehingga tidak membahayakan manusia,” tandasnya. (Irh/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim