Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

16 Parpol Telah Melengkapi Berkas Perbaikan Bacaleg

16 Parpol Telah Melengkapi Berkas Perbaikan Bacaleg

TerasJatim.com, Surabaya – 16 Partai Politik (Parpol) telah selesai melakukan perbaikan dan penyerahan persyaratan berkas bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Jatim ke Kantor KPU Jatim, pada Selasa (31/07) tengah malam, pukul 00.00 WIB.

“Pada prinsipnya sekarang semua partai sudah lakukan penyerahan berkas perbaikan bacaleg. Bahkan semua parpol sudah menerima tanda terima perbaikan berkas bacaleg,” ujar Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, Rabu (01/08).

Setelah berkas dinyatakan lengkap, KPU Jatim akan melakukan proses verifikasi untuk Daftar Caleg Sementara (DCS), yang nantinya berlangsung selama 12 hari saja.

“Verifikasi bukan sampai tanggal 7 lah, itu DCS kami lakukan pelindung kira-kira mulai tanggal 8 sampai tanggal 12 maksimal. Itu hari Kamis sudah mengumumkan DCS,” ujarnya.

Arba menyebut, parpol besar banyak mengajukan nama-nama yang sudah dikenal. Rata-rata pun sudah pernah menjadi pejabat atau sudah masuk struktural di kalangan masyarakat luas.

“Tapi juga tidak sedikit terutama di partai-partai yang baru ini yang mengajukan nama anak-anak muda, yang relatif muda itu ada,”ujarnya.

Diketahui, 16 parpol telah mendaftarkan bacalegnya ke Kantor KPU Jatim. Total bacaleg yang akan bersaing di kontestasi Pileg 2019 sebanyak 1.670 orang. Dengan perbandingan 1.000 bacaleg laki-laki dan 670 bacaleg perempuan.

Di Jatim, Partai Garuda paling sedikit mengusung bacalegnya yakni hanya 29 orang. Sedangkan yang memenuhi kuota, dengan 120 orang, adalah NasDem, Perindo, Golkar, Demokrat, Hanura, PDIP, PKB, Gerindra dan Berkarya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim