10 KK Asal Kabupaten Sumenep, Transmigrasi ke Halmahera Maluku Utara

10 KK Asal Kabupaten Sumenep, Transmigrasi ke Halmahera Maluku Utara

TerasJatim.com, Sumenep:- Di penghujung tahun 2016 ini, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumenep  Madura Jawa Timur, akan memberangkatkan 10 Kepala Keluarga (KK) transmigran dengan tujuan Halmahera, Maluku Utara.

10 KK yang terdiri dari 40 jiwa tersebut berasal dari Kecamatan Batang-Batang, Rubaru, Lenteng, Ganding dan Pasongsongan.

Menurut Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumenep, Koesman Hadie, program transmigrasi ini sebagai langkah pemerataan pendudukan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kali ini kita berangkatkan 10 KK dengan tujuan Halmahera, Maluku Utara. 10 KK yang terdiri dari 40 jiwa ini berasal dari beberapa kecamatan di Sumenep,” ujarnya.

Koesman menambahkan, di tempat tujuan, masing-masing KK transmigran asal Sumenep mendapat lahan pertanian seluas 2 hektar dan jaminan hidup selama satu tahun.

“Fasilitas telah disiapkan. Termasuk tempat tinggal dan lainnya. Jadi transmigran ini sudah tinggal menjalankan pekerjaannya,” jelasnya.

Koesman melanjutkan, setiap transmigran yang diberangkatkan sebelumnya telah mendapat pembekalan dan pelatihan dari Disnakertrans untuk diterapkan sesampainya di tempat tujuan.

Pihaknya beharap, dengan dilakukannya program ini, para transmigran asal Sumenep bisa merubah nasibnya menjadi lebih baik di tempat mereka yang baru. (Isk/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim